Monday, June 8, 2015

Stirling

Glasgow march 30th 2015

jika ingin menemukan tempat untuk bersantai dan melepaskan kelelahan tanpa harus menempuh perjalanan jauh, stirling bisa jadi salah satu pilihan saat berada di glasgow.

Kemarin aku mengikuti pengajian yang diadakan oleh KIBAR, keluarga islam britania raya, bertepatan pada tanggal 28 maret 2015 dan setelah pengajian kami; aku, rani, bu yuyuk, alif dan gulfano memutuskan untuk menginap.
Stirling adalah sebuah kota kecil yang bisa di tempuh dengan 25 menit dengan kereta dari glasgow. Cuaca di stirling saat ini kurang menentu karena pergantian dari musim dingin ke musim semi. udara nya masih terasa dingin tetapi bunga bunga mulai mekar dan bertunas kembali.

kalau ada yang pernah menonton salah satu film barat yang berjudul braveheart, stirling adalah kota dimana william wallace, tokoh dalam film tersebut berasal. tempat yang pertama kalikami kunjungi adalah university of stirling, karena acara pengajian yang kami hadiri berada di salah satu gedung kampus tersebut. kampusnya luas dan terlihat sangat nyaman, ada beberapa pelajar indonesia yang melanjutkan studi disana dan ada pelajar yang merupakan pelajar dari Mba UGM yang bekerja sama dengan University of Stirling. Setelah selesai ujian, kita mengambil foto bersama di belakang university library, pemandangannya sangat bagus, walau hari itu sangat cerah namun anginnya bertiup sangat kencang.

ini adalah pemandangan halaman belakang university of stirling, gambar ini diambil di siang hari dengan matahari yang bersinar terang ditambah angin spring yang sejuk. kita menginap di youth hostel stirling tapi sebelum kesana, selesai pengajian kita mengunjungi wallace monument yang tidak begitu jauh dari kampus. kita berjalan kaki ke arah monument tersebut.
monument nya berada di puncak bukit, tapi kita menikmati berjalan keatasnya, dari atas bukit tersbut kita bisa melihat kota stirling, dari monument tersebut kita menuju ke city center dan ke penginapan. penginapan kita berada tidak jauh dari city center, bangunan nya cukup tua dan berada tepat di sebelah bekas penjara. ada banyak kuburan di halaman penginapan kita. posisi penginapan kita berada di perbukitan di arah yang berlawanan dari wallace monument.

tempat yang harus dikunjungi saat ke stirling adalah stirling castle, tempat nya tidak jauh dari tempat kita menginap dan dapat dijangkau dengan berjalan kaki. cuacanya sedang hujan saat kita berada di stirling castle, dan kita memang tidak berniat untuk masuk kedalamnya jadi kita hanya duduk duduk di luarnya saja. 
stirling castle terletak tepat di puncak bukit, dari sini kita bisa melihat ke kota stirling. disebelah castle ini juga terdapat kuburan korban perang.
kota stirling tidak terlalu besar, semua tempat nya bisa kita jalani seharian, tapi dengan suasana nya yang cocok untuk bersantai ada baiknya memang menginap untuk merasakan suasana kota kecil yang  nyaman. 


3 comments:

  1. What I have to say here??? Ah!!! So heartbreaking banner and profile picture!!!! Ah!!! My heart broke into pieces.... Where did you kick yamachan out?

    ReplyDelete
  2. Dari poto yang ada aku yakin ini memang benar tempat yang nyaman. Tempat bersejarah. It is really nice to know that you have a great time there, jauh di benua biru yang sangat jauh. ^^

    ReplyDelete
  3. ahahaha... very nice isn't it. this is the yellow gold color. i even change my name.

    ReplyDelete